Listrik Sering Padam,Aksi Pencurian Marak

• Warga Sweeping Kendaraan Roda Empat
• Terkait Maraknya Aksi Pencurian

SOPPENG,Upeks

Akibat pemadaman listrik berkepanjangan yang ditengarai menjadi pemicu maraknya isu pencurian di Kabupaten Soppeng dalam dua bulan terakhir ini,warga di enam kecamatan dari delapan kecamatan yang ada di Kabupaten Soppeng, beberapa pekan terakhir ini setiap malam melakukan ronda dan sweeping terhadap kendaraan roda empat terutama di jalan poros yang menghubungkan Kabupaten Soppeng dengan daerah lain.

Aksi warga ini dibekali dengan berbagai senjata tajam seperti parang,badik dan tombak.


Hanya saja, kegiatan sweeping warga ini yang dimaksudkan untuk mengantisipasi aksi pelaku pencurian yang diduga berasal dari luar Kabupaten Soppeng, dinilai sudah mulai tidak terkendali dan menganggu kenyamanan para pengguna jalan. Bahkan, beberapa kendaraan roda empat termasuk mobil dinas pejabat yang mungkin ketakutan melihat warga yang sweeping dengan menggunakan senjata tajam tak luput dari penggeledahan dan dilempari oleh warga karena menerobos palang yang di pasang oleh warga.

Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Soppeng Ir Sugirman Djaropi MSi kepada Upeks Selasa (3/11) mengungkapkan pengalamannya saat ditahan oleh warga di jalan poros Takalala

“sopir saya yang ketakutan sebenarnya sudah menerobos palang dengan mengambil jalan di selokan,namun untuk menjaga hal-hal yang tidak diinginkan akhirnya saya suruh sopir untuk berhenti. Bahkan,saya dengar informasi mobil Bupati Wajo pun pernah dihentikan dan digeledah oleh warga”ujarnya geleng-geleng kepala.

Sementara, Kasat Reskrim Polres Soppeng AKP Zainuddin yang ditemui Upeks di ruang kerjanya Selasa(3/11) mengharapkan agar warga yang melakukan sweeping dapat mengendalikan diri dan bersikap santun“sweeping ini mestinya disertai petugas dari pihak kepolisian. Apalagi,informasi kejadian pencurian diberbagai tempat dengan waktu yang hampir bersamaan hanya beredar dari mulut ke mulut, setiap kali ada informasi pengejaran yang dilakukan oleh warga,hasilnya selalu sama, orang yang dikejar tiba-tiba menghilang”tandasnya (Agus Setiawan)

Sumber : Upeks Edisi Rabu 4 November 2009 Hal. 10

Template by : Kendhin x-template.blogspot.com