Anggaran SKPD 2010 Turun Drastis

SOPPENG,Upeks

Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di Kabupaten Soppeng tahun Anggaran 2010 mendatang, harus rela menerima pengurangan anggaran. Pasalnya, alokasi Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) 2010 tersebut, diprediksi akan mengalami pengurangan akibat turunnya secara drastis Dana Alokasi Khusus (DAK) 2010 yang diberikan oleh pusat ke Pemkab dari Rp53,499 miliar pada tahun 2009 menjadi Rp34 miliar dari tahun 2010 ini’

Menurut Ketua Tim Anggaran Eksekutif Pemkab Soppeng Abd Haris Abbas yang dikonfirmasi Upeks Jumat (30/10) “meski alokasi Dana Alokiasi Umum (DAU) diprediksikan mengalami kenaikan, namun kenaikannya hanya berkisar nol koma sekian persen,sementara Dana Alokasi Khusus (DAK) 2010 yang diberikan oleh pusat turun cukup banyak belum lagi banyaknya beban yang harus ditanggung oleh Pemkab diantaranya porsi pendidikan dan kesehatan gratis yang dulunya ditanggung 60% oleh Pemprov dan 40% oleh Pemkab sekarang terbalik,begitu pula kenaikan gaji guru melalui sertifikasi.

Menurut dia, meski anggaran SKPD itu mengalami penurunan secara merata namun diharapkan semua SKPD dapat mengkover dan melaksanakan kegiatannya walaupun mungkin volume kegiatannya yang diperkecil. Kendati demikian, pihaknya tetap optimis dapat mencapai target pendatan Asli Daerah (PAD) untuk 2010 mendatang.

Terkait berapa besaran kenaikan PAD yang dapat dicapai Kabupaten Soppeng pada Tahun Anggaran mendatang,Haris enggan mengungkapan nilai nominalnya” yang jelas PAD Soppeng tahun depan akan mengalami kenaikan dari tahun 2009 ini yang hanya mencapai sekitar Rp17 miliar”tandasnya (Agus Setiawan)

Sumer : Upeks Edisi Sabtu,31 Oktober 2009 Hal 10

Template by : Kendhin x-template.blogspot.com