Lulus UT Terancam Tidak Dikomodir

Penerimaan CPNS 2009
SOPPENG,Upeks

Lulusan diploma dua pendidikan guru sekolah dasar (D2-PGSD) Unversitas Terbuka (UT) terancam tidak diakomodir dalam penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun ini. Soalnya sampai saat ini keberadaan UT tersebut belum ada kejelasan statusnya dari Dirjen Pendidikan Tinggi (Dikti).

Kepala Badan Kepegawaian dan Diklat Daerah (BKDD) Soppeng, Drs A Khaerul Umur MSi yang dicegat wartawan dikantor bupati Soppeng, Kamis (22/10) tidak membantah hal tersebut. Menurut Khaerul sepanjang belum ada keputusan dari Dikti mengenai status UT, maka pihaknya juga belum dapat memastikan apakah lulus UT akan diakomodir pada penerimaan CPNS atau tidak.

Karena itu, lanjut Khaerul, dalam pertemuan dengan Ketua Unit Pelaksana Belajar Jarak Jauh Universitas Terbuka (UPBJJ-UT) Makassar Sugilar yang dipimpin Sekkab Abd Haris Abbas disepakati permasalah UT ini akan disampaikan ke Dikti.

“Yang jelas kami sudah meminta ketua UPBJJ UT Makassar untuk membicarakan masalah UT ini di Dikti. Jika sudah ada keputusan Dikti baru akan dirapatkan kembali, dan hasilnya akan kita sampaikan ke DPRD Soppeng,” kata Khaerul.

Sekadar diketaui, persoalan status UT ini kembali mencuat setelah adanya desakan dari Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Soppeng berunjuk rasa di gedung DPRD Soppeng, Rabu pekan lalu. Ketika itu massa PMII meminta pihak Pemkab Soppeng melalui anggota DPRD untuk meninjau status kelayakan alumni Universitas Terbuka (UT) dalam proses penerimaan CPNS tahun ini.

Karena menurutnya hingga jelang pendaftaran pihak pemkab belum mengambil langkah untuk memperjelas status lulusan UT. Padahal alumni UT itu hanya untuk penyataraan bukan prajabatan yang bisa mengikuti seleksi pada penerimaan. (Agus Setiawan)

Template by : Kendhin x-template.blogspot.com